-->

Pengertian Tesis Dan Ciri-Ciri, Jenis, Tujuan Serta Karakteristis Tesis

Pengertian Tesis Dan Ciri-Ciri, Jenis, Tujuan Serta Karakteristis

Ilmusosial.info - Tesis adalah merupakan sebuah pernyataan maupun teori yang dilandasi oleh berbagai macam argumen yang dinyatakan ke dalam bentuk karangan yang sengaja dibuat untuk dapat menyelesaikan program pendidikan tertentu sehingga penulis berhak untuk mendapatkan gelar yang sesuai dengan disiplin ilmu yang ditekuni. untuk pembahasan lengkapnya silahkan simak berikut ini.

Pengertian Tesis Dan Ciri-Ciri, Jenis, Tujuan Serta Karakteristis Tesis


Penjelesan lebih singkat, Pengertian Tesis adalah merupakan suatu karya tulis ilmiah yang dibuat guna mendapatkan gelar tertentu dalam tingkat pendidikan perguruan tinggi. Tesis adalah merupakan salah satu bukti yang menggambarkan tingkat kemampuan seseorang dalam suatu disiplin ilmu tertentu. Semakin baik kualitas tesis yang dibuat, maka akan semakin terbukti kemampuan orang yang membuat tesis tersebut pada menguasai ilmu yang ditekuninya.

Ciri-Ciri Tesis

Karena tesis ialah merupakan salah satu bentuk karya ilmiah, maka ciri-ciri karya ilmiah secara umum, yaitu antara lain:

  • Struktur sajian karya ilmiah yang sangat ketat, terdiri dari bagian awal atau pendahuluan, bagian inti atau pokok pembahasan dan juga bagian penutup (berisis kesimpulan).
  • Komponen karya ilmiah beragam yang sesuai dengan jenisnya, namun semua karya ilmiah mempunyai pendahuluan, bagian inti, penutup, dan daftar pustaka.
  • Sikap penulis pada karya ilmiah objektif, artinya bahwa karya tersebut disampaikan dengan gaya bahasa impersonal, dengan banyak memakai bentuk pasif, tanpa memakai kata ganti orang pertama ataupun kedua.
  • Bahasa yang digunakan adalah bahasa baku.

Tujuan Tesis

Tujuan tesis ialah untuk mendeskripsikan fenomena ilmu pengetahuan secara komprehensif, untuk merumuskan hipotesis berdasarkan teori dan menghasilkan jawaban dari hipotesis tersebut.

Jenis Tesis

Secara umum,  ada dua jenis tesis yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Kedua jenis tesis ini memiliki perbedaan, perhatikan penjabaran berikut ini:

Tesis Kuantitatif

Tesis Kuantitatif  adalah merupakan jenis tesis yang dibuat untuk membangun maupun mendirikan berbagai macam pernyataan maupun kerangka hipotetikal. Tesis kuantitatif juga sering disebut sebagai Nalar Deduktif-Hipotektikal.

Tesis Kualitatif

Tesis Kualitatif adalah merupakan jenis tesis yang dibuat bukan untuk membangun berbagai macam pernyataan dan kerangka hipotetikal. Jenis tesis kualitatif lebih ditujukan sebagai penelitian yang sfatnya non kuantitatif. Tesis kualitatif juga sering disebut sebagai Nalar Induktif -Non hipotetikal.

Karakteristik Tesis

Apabila diteliti secara mendalam, kebanyakan tesis yang dibuat adalah setidaknya terdiri memiliki 4 karakteristik dasar,  antara lain:

  • Biasanya tesis hanya fokus pada salah satu isu sentral yang ada pada suatu disiplin ilmu pendidikan saja. Tesis ini cenderung dibuat menyesuaikan dengan jenis program studi yang diambil oleh seseorang mahasiswa yang membuatnya.
  • Biasanya tesis dibangun dengan berlandaskan pengujian empirik dalam suatu posisi teoritis tertentu.
  • Selalu menggunakan data primer sebagai data utama dan ditambahi dengan beberapa data sekunder sebagai data pelengkap maupun data pembanding.
  • Harus ditulis dengan memakai tata bahasa Indonesia yang baik dan benar. Apabila program studi yang diambil ialah program studi berbahasa asing, maka tesis tersebut juga harus ditulis dengan bahasa asing dengan baik dan benar.
Demikian pembahasan Pengertian Tesis Dan Ciri-Ciri, Jenis, Tujuan Serta Karakteristis Tesis. Semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Tesis Dan Ciri-Ciri, Jenis, Tujuan Serta Karakteristis Tesis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel