-->

Pengertian Psikologi Beserta Ruang Lingkup Dan Macam Macam Psikologi Menurut Para Ahli Terlengkap Disini

Pengertian Psikology

Ilmusosial.infoPsikologi merupakan satu dari banyak bidang pengetahuan dan pengetahuan terapan mengenai perilaku, peran mental dan proses mental manusia secara ilmiah. Praktisi di bidang psikologi disebut bersama psikolog.

Pengertian Psikologi Beserta Ruang Lingkup Dan Macam Macam Psikologi Menurut Para Ahli Terlengkap Disini

Secara etimologi, psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno: “ψυχή” (PsychÄ“ yang berarti jiwa) dan “-λογία” (-logia yang berarti ilmu) , sehingga psikologi bisa diartikan bersama pengetahuan yang mempelajari mengenai jiwa.

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

Wilhelm Wundt
Menurut Wilhelm Wundt, Psikologi adalah pengetahuan yang mempelajari kesadaran manusia.

Gardner Murphy
Menurut Gardner Murphy, Psikologi adalah pengetahuan yang mempelajari tanggapan yang diberikan makhluk hidup terhadap lingkungannya.

Clifford T Morgan
Menurut Clifford T Morgan, Psikologi adalah pengetahuan pengetahuan yang mempelajari tabiat manusia dan hewan.

Carl Gustav Jung
Menurut Carl Gustav Jung, Psikologi adalah pengetahuan mengenai suatu hal yang bernyawa.

James W
Menurut James W , Psikologi adalah pengetahuan yang mempelajari mental yang berbentuk fenomena-fenomenanya dan beragam keadaan yang bisa mempengaruhi.

Richard Mayer
Menurut Richard Mayer, Psikologi adalah analisa mengenai proses mental dan juga susunan daya ingat dalam mengerti tabiat manusia.

Bruno
Menurut Bruno, Psikologi terbagi menjadi tiga anggota yaitu studi penyelidikan mengenai ruh, studi mengenai kehidupan mental, dan studi mengenai tingkah laku organisme.

Sartain
Menurut Sartain, Psikologi adalah pengetahuan yang mempelajari tabiat dari organisme hidup yang perhatiannya dikhususkan terhadap tingkah laku manusia.

Plato dan Aristoteles
Menurut Plato dan Aristoteles, Psikologi adalah pengetahuan pengetahuan mengenai hakekat jiwa dan prosesnya hingga akhir.

Woodworth dan Marwuis
Menurut Woodworth dan Marwuis, Psikologi adalah pengetahuan yang mempelajari kesibukan individu terasa dari individu dalam era takaran hingga meninggal terhitung interaksi individu bersama alam sekitarnya.


Ruang Lingkup Psikologi

Psikologi umum merupakan suatu keilmuan mengenai tingkah laku individu secara umum. Hal tersebut termasuk seluruh fase perkembangan psikologis manusia dan juga termasuk segala tingkatan usia dan jenis kelamin. Dengan kata lain, psikologi umum mempelajari tingkah laku manusia secara luas. Menurut Emmanuel Kant, area lingkup psikologi terbagi menjadi tiga anggota yaitu kognisi, emosi dan konasi.
  • Kognisi, yaitu hal yang terkait bersama pemahaman dan pemikiran individu
  • Emosi, yaitu tanda-tanda jiwa yang menonjol dan bisa mengakibatkan gejolak jiwa
  • Konasi, yaitu hal yang terkait bersama kemauan, tekad atau permintaan individu.
  • Psikologi spesifik merupakan psikologi yang digunakan untuk keperluan lapangan atau praktis. Psikologi spesifik terdiri dari beragam cabang pengetahuan psikologi yang dikhususkan terhadap bidang tertentu. Psikologi spesifik terdiri dari beberapa cabang, tersebut selengkapnya:


Macam-Macam Psikologi Khusus

Adapun macam-macam cabang psikologi spesifik diantaranya yaitu:

Psikologi Perkembangan
Psikologi perkembangan adalah psikologi yang mempelajari mengenai perkembangan manusia terasa dari prenatal atau sebelum kelahiran hingga kematian. Terdapat tiga spesifikasi spesifik dalam psikologi perkembangan yaitu psikologi anak, psikologi dewasa dan psikologi lanjut.

Psikologi anak secara spesifik mempelajari perkembangan terasa dari prenatal hingga remaja. Sedangkan, psikologi dewasa mempelajari mengenai tugas perkembangan individu dan bagaimana pengaruh jikalau individu tidak bisa selesaikan tugas perkembangannya. Psikologi dewasa dan psikologi lanjut terhitung membicarakan mengenai interaksi individu bersama lingkungannya, perkembangan inteligensi, kepribadian, kebolehan kognitif.

Psikologi Sosial
Psikologi sosial yaitu pengetahuan psikologi yang mempelajari tingkah laku manusia dalam kaitannya bersama lingkungan. Studi dalam psikologi sosial terdiri dari pengaruh sosial, proses bersama individu, dan juga interaksi kelompok.

Psikologi Kepribadian
Psikologi kepribadian adalah psikologi yang mempelajari mengenai tingkah laku manusia cocok bersama lingkungannya.

Psikologi Tipologi
Psikologi tipologi ini terkait bersama psikologi kepribadian, psikologi tipologi menyatakan beragam kepribadian manusia berdasarkan tipologi atau jenis spesifik tertentu.

Psikologi Psikopatologi
Psikologi psikopatologi merupakan cabang dari pengetahuan psikologi yang berfokus menyelidiki beragam problem mental dan juga tanda-tanda abnormal lainnya.

Psikologi Pendidikan
Psikologi pendidikan berfokus terhadap tingkah laku individu dalam pendidikan. Psikologi pendidikan terhitung mempelajari mengenai proses pendidikan dan pengaruhnya bagi individu. Selain itu, dalam psikologi pendidikan terhitung membicarakan mengenai proses individu studi dan berkembang dan efektivitas intervensi pendidikan, sub group anak spesifik seperti anak memiliki bakat dan anak bersama keperluan spesifik dan juga proses dan faktor yang terkait bersama pendidikan manusia di mana psikologi pendidikan memiliki tujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan efisiensi dalam dunia pendidikan.

Psikologi Perusahaan
Psikologi perusahaan merupakan cabang pengetahuan psikologi yang aplikasinya digunakan di perusahaan atau daerah kerja. Psikologi perusahaan meliputi interaksi antara karyawan, tabiat manajemen dan kinerja perusahaan yang dibahas dalam perspektif psikologi.

Psikologi Industri dan Organisasi
Psikologi industri dan organisasi merupakan salah satu cabang psikologi yang berfokus dalam tingkah laku individu dalam keputusan kerja. Psikologi industri dan organisasi meliputi tabiat individu saat bekerja baik tabiat yang terlihat dan tidak nampak.

Psikologi Organisasi
Psikologi organisasi memandang tingkah laku dan interaksi individu dalam organisasinya terutama dalam dunia kerja.

Psikologi Kriminal
Psikologi kriminal berfokus untuk mempelajari kasus yang terkait bersama kejahatan. Psikologi kriminal kerap terhitung disebut bersama psikologi forensik.

Psikologi Komunikasi dan Media
Psikologi komunikasi dan tempat merupakan salah satu cabang psikologi yang mempelajari mengenai proses penyampaian daya dari alat indera ke otak, proses menerima dan memproses Info dan bagaiman pengaruhnya dalam diri individu.

Psikologi Abnormal
Psikologi abnormal berfokus terhadap pemahaman terhadap rancangan abnormalitas psikologi. Psikologi abnormal terhitung mempelajari klasifikasi dan kategori problem mental dan juga penyusunan diagnosa klinis.

Psikologi Keluarga
Psikologi keluarga merupakan suatu pemahaman terhadap interaksi ataupun pola sosial yang terjadi dalam area lingkup keluarga.

Psikologi Konseling
Menurut Division of Counseling Psychology, konseling merupakan suatu proses dalam menunjang individu menanggulangi hambatan-hambatan perkembangan dirinya dan menggapai perkembangan kebolehan spesial yang dimilikinya secara optimal, di mana proses ini bisa terjadi tiap tiap waktu.

Psikologi Klinis dan Kesehatan
Menurut American Psychological Association, psikologi klinis merupakan salah satu psikologi terapan bersama obyek untuk memilih kapasitas dan juga karakteristik tingkah laku individu.

Psikologi Komparatif
Psikologi komparatif berfokus terhadap analisa mengenai perbandingan tingkah laku manusia bersama tingkah laku binatang.

Psikologi Differensial
Psikologi differensial berfokus mempelajari perbedaan bentuk tingkah laku dalam beragam macam aspek.

Psikologi Pastoral
Psikologi pastoral berfokus dalam mempelajari langkah pengikut suatu agama dan bagaimana pengikut meyakini ajaran agamanya.

Psikologi Forensik
Psikologi forensik fokus terhadap kesibukan menyelidiki kematian dan peristiwa kriminal lainnya.

Psikologi Cinta
Psikologi cinta berfokus terhadap bagaimana cinta bekerja terhadap makhluk hidup di dunia.

Psikologi Agama
Psikologi agama berfokus terhadap bagaimana agama memengaruhi lahiriyah dan batiniyah makhluk hidup.

Psikologi Holistik
Psikologi ini mempelajari mengenai manusia secara utuh.

Psikologi Eksperimen
Psikologi ini berfokus terhadap beragam percobaan di bidang psikologi.

Psikologi Kognitif
Psikologi ini berfokus terhadap bagaimana seseorang merespon lingkungannya.

Psikologi Diagnostik
Psikologi ini berfokus terhadap bagaimana sifat individu. Baik di memandang dari kelebihan dan kekurangannya.

Psikologi Remaja 
Psikologi ini membicarakan seluruh mengenai apa yang terjadi bersama remaja dari segi psikologi.

Psikologi Anak
Psikologi ini berfokus terhadap tumbuh kembang anak baik fisik maupun psikis.

Psikologi Faal
Psikologi ini mempelajari mengenai langkah kerja proses syaraf dalam otak.

Psikologi Keperawatan
Psikologi ini mempelajari mengenai keilmuan medis dari segi kesehatan.

Psikologi Olahraga
Psikologi ini berfokus mengenai seluk beluk olahraga terasa dari psikologi atlit dan pelatih.

Psikologi Warna
Psikologi ini mempelajari mengenai beragam warna dan auranya.

Psikologi Sastra
Psikologi ini berfokus mengenai emosi baik sang penulis atau pembaca tertuang dalam kata – kata.

Psikologi Lansia
Psikologi ini mempelajari mengenai bagaimana keadaan psikis dan fisik di era tua.

Psikologi Kepemimpinan 
Psikologi ini berfokus terhadap type tabiat kepemimpinan.

Psikologi Lingkungan
Psikologi ini mempelajari bagaimana kognisi, afeksi, dan konasi memengaruhi lingkungan.

Psikologi Kerekayasaan 
Psikologi ini berfokus terhadap interaksi antar manusia bersama teknologi.

0 Response to "Pengertian Psikologi Beserta Ruang Lingkup Dan Macam Macam Psikologi Menurut Para Ahli Terlengkap Disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel