-->

PENJELASAN LENGKAP BOLA MATA DAN BAGIAN-BAGIANNYA TERLENGKAP

Ilmusosial.info - Mata ialah merupakan indra pengelihatan yang menerima rangsangan berupa cahaya. Dan mata tersusun dari alat tambahan mata, bola mata, otot bola mata, dan saraf optikal. Berikut penjelasan mengenai susunan bola mata.

PENJELASAN LENGKAP BOLA MATA DAN BAGIAN-BAGIANNYA TERLENGKAP


Alat tambahan mata meliput alis mata, bulu mata, dan apparatus lakrimalis. Sedangkan alis mata melindungi mata dari keringat yan mengalir di dahi. Dan kelopak mata dan pula bulu mata berfungsi sebagai alat untuk melindungi mata dari air dan debu. 

Sedangkan untuk apparatus lakrimalis terdiri atas kelenjar lakrimalis (penghasil air mata), duktus lakrimalis, dan duktus nasolakrimalis. Lalu kelenjar tersebut kemudian menghasilkan air mata apabila terdapat benda asing yang terkena bagian permukaan bola mata.

Otot bola mata tersusun dari tiga pasang otot lurik. Dan otot bola mata berfungsi untuk menggerakkan bola mata.

Bola mata pada umumnya dilapisi oleh tiga lapisan dinding. Dan berikut penjelasan mengenai tiga lapisan dinding itu.

Laisan luar terdiri atas sklera dan kornea
Sklera berwarna putih dan tak tembus cahaya. Sedangkan kornea berfungsi untuk mengandung banyak serabut saraf, tak terdapat pembuluh darah, dan tembus cahaya. Dan korne pula berfungsi untuk meneruskan cahaya ke lensa mata. Kornea pula dilindungi oleh selaput pelindung konjongvita.

Lapisan tengah terdiri atas koroidea dan iris atau selaput pelangi
Koroidea banyak mengandung pembuluh darah dan berfungsi untuk memberikan nutrisi pada retina. Sedangkan pada bagian depan koroidea dan bagian belakang kornea terdapat iris. Sedangkan didalam iris terdapat beberapa pigmen warna, sehingga bisa menimbulkan perbedaan warna pada mata. 

Lubang bulat di tengah iris disebut dengan pupil. Sedangkan pupil sendiri ialah adalah jalan masuknya cahaya. Pupil pula akan mengecil jika cahaya terang. Dan pula sebaliknya pupil akan membesar jika cahaya redup.

Lapisan dalam
Pada laisan dalam terdapat retina. Pada retina inilah terdapat fotoreseptor. Ada dua macam fotoreseptor yakni ialah sel batang dan sel kerucut. Sedangkan pada sel batang terdapat redopsin yang dibutuhkan dalam melihat pada suasana remang. Sedangkan sel kerucut sendiri mengandung pigmen oidopsin yang mampu menerima rangsang warna dan sinar terang. 

Pada bagian lapisan dalam pula terdapat bintik kuning dan pula bintik buta. Sedangkan bintik kuning ialah adalah bagian retina yang mengandung banyak fotoreseptor yang berupak kerucut. Dan pada bagian ini bayangan benda bisa diinterpretasikan melalui otak. Dan itu artinya jika bayangan benda jatuh pada bintik kuning, maka kita bisa melihat benda itu. 

Sedangkan bintik buta ialah bagian mata tempat serabut saraf yang berasal dari retina meninggalkan bola mata menuju ke otak. Pada bagian bintik buta ini tak ada sel sensorik. Jika bayang benda jatuh pada daerah ini, maka kita tak akan bisa melihat benda itu.

Sarah optik ialah adalah bagian mata yang menjalarkan implus saraf dari retina menuju otak. Lalu lalu setelah sampai di otak, implus saraf itu lalu akan di interpretasikan oleh otak sehingga benda bisa dilihat.

Demikian penjelasan mengenai PENJELASAN LENGKAP BOLA MATA DAN BAGIAN-BAGIANNYA, semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "PENJELASAN LENGKAP BOLA MATA DAN BAGIAN-BAGIANNYA TERLENGKAP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel