-->

Materi Seni Patung : Pengertian, Sejarah, Teknik, Jenisnya Terlengkap Disini

Ilmusosial.infoSeni patung merupakan hasil ekspresi jiwa manusia yang dibikin didalam bentuk tiga dimensi, yang memiliki tujuan untuk menampilkan nilai estetika/keindahan.

Seni patung punya beraneka ukuran terasa mulai dari kecil sampai besar. Patung ukuran kecil kebanyakan dijadikan sebagai hiasan rumah. Sedangkan patung ukuran besar kebanyakan di pajang di jalur besar dan dikenal dengan monumen.

Materi Seni Patung : Pengertian, Sejarah, Teknik, Jenisnya Terlengkap Disini


Pengertian Seni Patung Menurut Para Ahli

Mikke Susanto
Menurut Mikke Susanto, Seni patung merupakan hasil karya tiga dimensi yang dibikin bersama dengan cara kurangi bahan atau mengakibatkan modelnya terutama dahulu bersama dengan tehnik cetak / tehnik cor.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Seni patung adalah benda yang sengaja dipahat untuk mengikuti bentuk manusia atau hewan.

B. S Mayers
Menurut B. S Mayers, Seni patung adalah karya tiga dimensi yang berdiri sendiri dan dapat dicermati berasal dari aspek manapun.

Sejarah Seni Patung
Perkembangan seni patung di Indonesia terjalin erat bersama dengan pertumbuhan seni ukir. Kabarnya, bangsa Indonesia telah mengenal seni ukir terhadap tahun 1500 SM. Saat itu, nenek moyang mengukir kapak batu bersama dengan pakai bahan dan peralatan yang amat sederhana. Motif yang dibikin hanya berbentuk garis, titik atau lengkungan.

Seni ukir mengalami pertumbuhan terhadap tahun 500-300 SM. Masyarakat terasa pakai bahan perunggu, emas dan perak untuk diukir. Mereka apalagi mengenal tehnik cor sehingga motif ukiran yang dihasilkan terasa banyak dan beragam.

Sejak masuknya agama Hindu, Budha dan Islam ke Indonesia, seni ukir langsung mengalami pertumbuhan pesat. Banyak yang mengakibatkan ukiran terhadap candi dan prasasti sebagai bentuk penghormatan terhadap Raja. Tak hanya itu saja, ukiran juga dilakukan terhadap keris, tombak, batu nisan dan alat-alat kesenian. Pada zaman inilah, penduduk lantas mengenal seni pahat atau seni patung.

Teknik Seni Patung

Adapun teknik-teknik yang sering digunakan didalam pembuatan seni patung diantaranya yaitu:

Teknik Butsir
Teknik butsir adalah tehnik pembuatan patung bersama dengan cara menaikkan atau kurangi bahan lunak seperti tanah liat, gips malam, dan lain sebagainya.

Teknik Pahat
Teknik pahat dilakukan bersama dengan pakai bahan keras seperti kayu, batu, tulang dan lain sebagainya.

Teknik Merakit
Teknik merakit dilakukan bersama dengan cara merangkai dan menghubungkan bahan menjadi satu kesatuan seperti bermain puzzle.

Teknik Cetak (Teknik Cor)

Teknik cor dilakukan bersama dengan cara memanaskan logam sampai mencair, lantas cairan logam selanjutnya dituangkan didalam bentuk cetakan patung.

Teknik Membentuk
Yaitu tehnik yang dilakukan bersama dengan cara membentuk patung secara pelan-pelan atau bertahap sampai cocok bersama dengan hasil yang diinginkan.

Teknik Modelling
Yaitu tehnik mengakibatkan patung bersama dengan mengakibatkan modelnya terutama dahulu.

Jenis-Jenis Seni Patung

Adapun jenis-jenis patung, diantaranya yaitu:

Patung Berdasarkan Bentuknya
Berdasarkan bentuknya, seni patung dibedakan menjadi dua jenis:

Figuratif
Figuratif adalah jenis patung yang dibikin bersama dengan mengikuti bentuk objek yang tersedia didalam kehidupan nyata. Contohnya seperti bentuk manusia, bentuk hewan, atau bentuk tumbuhan yang dibikin menyerupai bentuk aslinya.

Non Figuratif
Non figuratif adalah jenis patung yang bentuknya tidak mirip bersama dengan bentuk aslinya. Patung seperti ini hanya menampilkan lekukan, garis, atau bagian khusus berasal dari suatu objek.

Patung Berdasarkan Jenisnya
Berdasarkan jenisnya, seni patung dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu:

Zonde Bosse

Yaitu patung yang berdiri sendiri (kanan kirinya lepas) dan tidak melekat terhadap satu sisi.

Relief
Biasanya jenis patung ini melekat terhadap permukaan dinding. Biasanya relief ini menceritakan adegan perlu yang terkandung didalam suatu cerita.

0 Response to "Materi Seni Patung : Pengertian, Sejarah, Teknik, Jenisnya Terlengkap Disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel