-->

Pengertian Komitmen Beserta Contohnya Dan Menurut Para Ahli Terlengkap Disini

Pengertian Komitmen

Ilmusosial.info - Pengertian komitmen yaituwujud dedikasi atau kewajiban yang mengikat seseorang kepada orang lain, hal tertentu, atau tindakan tertentu.

Komitmen dapat dilakukan atas sukarela atau terpaksa, tergantung terhadap situasi masing-masing orang. Kenyataannya komitmen lebih gampang diucapkan daripada dijalankan. Melaksanakan komitmen adalah sebuah wujud tanggung jawab terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Banyak pengalaman berkenaan komitmen ini. Ada sebagian orang berkomitmen terhadap suatu hal sebab mereka mencintai apa yang mereka lakukan. Beberapa orang lainnya berkomitmen sebab mereka mulai kuatir kehilangan kala tidak menekuni komitmen tersebut. Adapun yang lainnya berkomitmen sebab mulai mempunyai rasa tanggung jawab untuk melaksanakannya.

Komitmen merupakan sebuah janji. Maksudnya adalah janji terhadap diri kita sendiri atau terhadap orang lain yang tercermin di dalam tindakan kita. Komitmen merupakan sebuah pengakuan seutuhnya, sebagai sikap yang sesungguhnya yang berasal berasal dari watak yang nampak berasal dari di dalam diri seseorang.

Pengertian Komitmen Beserta Contohnya Dan Menurut Para Ahli Terlengkap Disini

Pengertian Komitmen Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan sebagian pakar yang mendevinisikan pengertian komitmen.

Colquitt LePine & Wesson

Colquitt LePine & Wesson berpendapat bahwa komitmen organisasi adalah upaya yang dilakukan untuk mengingatkan seseorang berkenaan keanggotaannya di dalam suatu organisasi tertentu.

Griffin
Pengertian komitmen menurut Griffin organisasi adalah suatu sikap yang menunjukkan hingga sejauh mana seseorang mengenal dan mau terikat dengan organisasinya. Jika seorang bagian memiliki komitmen yang tinggi, maka ia bakal memandang dirinya sebagai bagian organisasi yang sejati.

L. Mathis & H. Jackson

Mathis dan H. Jackson berpendapat bahwa komitmen organisasi merupakan kepercayaan bagian di dalam menerima setiap obyek organisasi dan memiliki hasrat untuk tinggal dengan atau pun meninggalkan perusahaan yang akhirnya kelihatan berasal dari ketidakhadiran atau pun berasal dari angka perputaran anggota.

P. Robins & H. Jackson
Selain L. Mathis & H. Jackson, P. Robins & H. Jackson terhitung berpendapat berkenaan pengertian komitmen. Komitmen organisasi merupakan situasi seseorang yang memihak sebuah organisasi dan juga obyek dan keinginannya untuk mempertahankan keanggotaannya di dalam organisasi tersebut.

Sri Kuntjoro
Pengertian komitmen menurut Sri Kuntjoro adalah organisasi merupakan rasa identifikasi, keterlibatan, dan kesetiaan yang dinyatakan oleh seseorang terhadap organisasinya.

Contoh Komitmen Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dibawah ini merupakan semisal komitmen di dalam kehidupan sehari-hari.

Komitmen Untuk Diri Sendiri
Komitmen untuk diri sendiri didasari oleh permintaan pribadi untuk hal yang lebih baik. Contohnya seseorang berkomitmen untuk berhemat kala ingin belanja barang tertentu, memegang komitmen olahraga tiap hari sehingga sehat, berkomitmen terhadap dietnya sehingga badan selamanya langsin, dan beraneka hal yang dilandasi oleh permintaan diri sendiri.

Komitmen terhadap keluarga

Contoh komitmen di dalam keluarga stimulus berhemat atau kerja keras sehingga memiliki hidup yang lebih baik. Komitmen ini berbeda dengan komitmen untuk diri sendiri. Komitmen terhadap keluarga tidak hanya mementingkan diri sendiri melainkan termasuk tanggung jawab atas keluarga.

Komitmen Kerja
Dalam buku yang berjudul “Human Resource Management Review” ditulis oleh John Meyer dan Natalie Allen terhadap tahun 1991 menunjukkan bahwa tiga style komitmen kerja seseorang untuk perusahaannya. 3 Model komitmen kerja seseorang untuk perusahaannya adalah sebagai berikut.
  • Cinta Terhadap Pekerjaan (Affective Commitment).
  • Takut Kehilangan (Continuance Commitment).
  • Memiliki Rasa Kewajiban (Normative Commitment).
Komitmen Dalam Hubungan
Komitmen berfaedah kegunaan mempertahankan suatu hubungan, baik di dalam interaksi pernikahan maupun pacaran. Seorang pasangan di dalam pacaran bakal saling mejaga komitmen mereka sehingga tidak putus hubungan.

Komitmen Terhadap Lingkungan

Orang yang memahami pengertian komitmen umumnya ia hiraukan terhadap lingkungan. Hal ini disebabkan sebab group fans alam sudah menanamkan tanggung jawab yang besar kegunaan tetap menjaga lingkungan terhadap diri mereka. Motif komitmen terhadap lingkungan dapat bersifat komitmen afektif atau komitmen normatif, apalagi dapat dilengkapi dengan Continuance Commitment.

0 Response to "Pengertian Komitmen Beserta Contohnya Dan Menurut Para Ahli Terlengkap Disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel