-->

Pengertian Tulang Keras, Fungsi, Jenis Dan Ciri-Ciri Tulang Keras Paling Lengkap

Pengertian Tulang Keras 

Ilmusosial.info - Pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang  Pengertian Tulang Keras. yang mana pada pembahasanya meliputi Pengertian Tulang Keras, Fungsi Tulang Keras, Jenis Tulang Keras Dan Ciri-Ciri Tulang Keras dan Macam-Macam Tulang Keras. Tulang Keras ialah tulang yang bersifat kaku dan keras yang tersusun dari zat kapur dan juga fosfor. Tulang keras atau sering disebut juga dengan tulang sejati ialah merupakan alat gerak pasif artinya alat gerak yang dapat bergerak jika digerakkan oleh otot. Nah untuk pembahasan lebih lengkapnya silahkan anda simak berikut ini.

Pengertian Tulang Keras, Fungsi, Jenis Dan Ciri-Ciri Tulang Keras Paling Lengkap

1. Pengertian tulang keras

Pengertian tulang keras adalah sangat beraneka ragam dari berbagai sumber, akan tetapi bisa disimpulkan bahwa pengertian tulang keras ialah tulang yang bersifat kaku dan keras yang tersusun dari zat kapur dan fosfor. Tulang keras atau sering disebut juga dengan tulang sejati ialah merupakan alat gerak pasif artinya alat gerak yang dapat bergerak jika digerakkan oleh otot.

Tulang keras disebut juga sebagai osteon. Osteon yaitu bisa dibentuk dalam sebuah proses pembentukan. Tulang keras asal usulnya ialah berasal dari Tulang Rawan atau kartilago yang mempunyai rongga yang nantinya akan diisi oleh sel-sel pembentuk tulang atau sering disebut sebagai osteoblas.

Osteoblas selanjutnya akan membentuk sel-sel tulang ataupun osteosit dimana setiap osteosit akan melingkari pembuluh darah dan kemudian sistem saraf membentuk sistem havers matriks yang mengandung zat kapur dan juga fosfor sehingga tulang akan menjadi keras dan membentuk tulang keras atau tulang osteon.

2. Macam-macam tulang keras

Berdasarkan matriksnya tulang keras adalah dapat di kelompokkan menjadi 2 jenis atau 2 macam yakni tulang kompak dan tulang spons. dan Berikut pembahasan lengkapnya:

a. Tulang kompak

Tulang kompak ialah merupakan tulang yang matriksnya tersusun secara rapat dan padat yang mengandung zat kapur dan juga fosfor. Tulang kompak pada sel-sel tulangnya (osteosit) dapat tersusun hingga membentuk sebuah sistem havers. Pada bagian tengah tulang kompak contohnya di tulang pipa pada bagian tengahnya itu terdapat saluran pembuluh darah, pembuluh limfe dan juga saraf, yang dikelilingi oleh sel-sel tulang.

b. Tulang spons

Tulang spons ialah merupakan tulang yang matriksnya berongga dan tersusun oleh anyaman trabeculae yang mirip dengan pecahan genting yang berbentuk pipih dan mengandung serat kolagen. Pada tulang spons terdapat rongga yang diisi oleh jaringan sumsum tulang.

3. Ciri-ciri tulang keras

Tulang keras mempunyai berbagai ciri-ciri yaitu sebagai berikut:
  • Bersifat keras dan kaku
  • Mudah patah
  • Kurangnya zat perekat
  • Tersusun dari zat kapur dan fosfor
  • Sel-sel tulang tersusun seperti lingkaran berlapis

4. Fungsi tulang keras

  • Sebagai tempat melekatnya otot
  • Menjaga organ lunak didalamnya
  • Membantu manusia dalam pekerjaan berat
  • Sebagai saluran pembuluh darah dan lemak

Demikian pembahasan tentang Pengertian Tulang Keras, Fungsi, Jenis Dan Ciri-Ciri Tulang Keras Paling Lengkap. semoga dapat bermanfaat

0 Response to "Pengertian Tulang Keras, Fungsi, Jenis Dan Ciri-Ciri Tulang Keras Paling Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel