-->

Pengertian Konsep, Ciri-Ciri, Dan Fungsinya Menurut Para Ahli Secara Lengkap

Pengertian Konsep, Ciri-Ciri, Dan Fungsinya Menurut Para Ahli Secara Lengkap

Ilmusosial.info - Pada kesempatan kali ini akan mengulas lengkap tentang Pengertian Konsep Menurut Para Ahli Dan Ciri-Ciri, Fungsinya. Secara Etimologis, kata “Konsep” adalah berasal dari bahasa latin “Conceptum” artinya ialah sesuatu yang dapat dipahami. Untuk pembahasan lebih lengkapnya tentang pengertian konsep silahkan anda dimak berikut ini.

Pengertian Konsep, Ciri-Ciri, Dan Fungsinya Menurut Para Ahli Secara Lengkap

Konsep ialah abstrak, entitas mental yang universal dan menunjuk pada kategori atau kelas dari suatu entitas, kejadian atau hubungan. Konsep adalah merupakan abstraksi suatu ide atau gambaran mental, yang dinyatakan dalam suatu kata atau simbol. Konsep juga dinyatakan sebagai bagian dari pengetahuan yang dibangun dari berbagai macam kharakteristik.

Konsep ialah abstrak karena mereka menghilangkan perbedaan dari segala sesuatu dalam ekstensi, dan juga memperlakukan seolah-olah mereka identik, serta universal di mana mereka bisa diterapkan secara merata untuk setiap extensinya.

Konsep juga dianggap sebagai suatu arti yang mewakili sejumlah objek yang mempunyai ciri-ciri yang sama. Konsep juga dapat diartikan sebagai suatu abstraksi dari ciri-ciri sesuatu yang mempermudah komunikasi antar manusia dan memungkinkan manusia untuk dapat berpikir.

Pengertian konsep yang lainnya ialah sesuatu yang umum atau representasi intelektual yang abstrak dari situasi, objek atau peristiwa, suatu akal pikiran, suatu ide atau gambaran mental.

Pengertian Konsep Menurut KBBI

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), ada beberapa pengertian konsep antara lain sebagai berikut :
  • Rancangan atau buram pada surat dan sebagainya
  • Ide atau pengertian yang diabstrakkan dari sebuah peristiwa konkret
  • Gambaran mental dari objek, proses, atau apa pun yang ada di luar bahasa, yang dipakai oleh akal budi untuk memahami hal-hal lain

Pengertian Konsep Menurut Para Ahli

Para ahli dan pakar mempunyai pendapat yang berbeda dalam mendefinisikan apa itu konsep. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, berikut kumpulan pengertian konsep menurut para ahli secara lengkap,

Bahri (2008:30)

Konsep ialah merupakan satuan arti yang mewakili sejumlah objek yang mempunyai ciri yang sama. Orang yang mempunyai konsep mampu mengadakan abstraksi terhadap sebuah objek yang dihadapi, sehingga objek-objek ditempatkan dalam golongan tertentu. Objek-objek dihadirkan dalam kesadaran orang dalam bentuk representasi mental tak berperaga. Konsep juga dapat dilambangkan dalam bentuk suatu kata.

Singarimbun dan Effendi (2009)

Konsep ialah merupakan generalisasi dari sekelompok fenomena tertentu, sehingga dapat dipakai untuk menggambarkan barbagai fenomena yang sama.

Aristoteles

Aristoteles dalam bukunya “The classical theory of concepts” mendefinisikan bahwa konsep adalah merupakan penyusun utama dalam pembentukan pengetahuan ilmiah dan filsafat pemikiran manusia.

Soedjadi (2000:14)


Arti konsep ialah merupakan ide abstrak yang dapat digunakan untuk mengadakan klasifikasi atau penggolongan yang pada umumnya dinyatakan dengan suatu istilah atau rangkaian kata (lambang bahasa).

Woodruf

Pengertian Konsep ialah merupakan suatu gagasan/ide yang relatif sempurna dan bermakna, suatu pengertian tentang suatu objek, produk subjektif yang berasal dari cara seseorang membuat pengertian terhadap objek-objek atau benda-benda melalui pengalamannya (setelah melakukan persepsi terhadap objek/benda).

Umar (2004:51)

Definisi konsep ialah merupakan sejumlah teori yang berkaitan dengan suatu objek. Konsep diciptakan dengan menggolongkan dan mengelompokkan sebuah objek tertentu yang memiliki ciri-ciri yang sama.

Fungsi Konsep

  •     Fungsi Kognitif
  •     Fungsi Evaluatif
  •     Fungsi Operasional
  •     Fungsi Komunikasi

Ciri Ciri Konsep

  • Konsep ialah memiliki sifat abstrak dan merupakan gambaran mental tentang benda, peristiwa ataupun kegiatan.
  • Konsep ialah kumpulan dari sebuah benda yang mempunyai karakteristik ataupun kualitas secara umum.
  • Konsep ialah mempunyai sifat personal, sehingga pemahaman seseorang tentang sebuah hal mungkin saja berbeda dengan yang lainnya.
  • Konsep juga didapat melalui sebuah pengalaman dan belajar.

Unsur Unsur Konsep

  • Nama : ialah konsep yang mewakili kata tunggal untuk mempresentasikan ide atau gagasan
  • Contoh positif dan negatif : Digunakan untuk menganalisis dan juga membandingkan contoh-contoh positif atau negatif dan juga karakteristinya.
  • Karakteristik pokok : Digunakan untuk menciptakan dan menentukan suatu contoh dan termasuk dalam kategori konsep atau bukan konsep.
  • Rentang karakteristik : Ialah sebuah konsep yang berhubungan dengan konsep lainnya dan memiliki rentang karakteristik yang membatasi konsep tersebut.
  • Kaidah

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Konsep, Ciri-Ciri, Dan Fungsinya Menurut Para Ahli Secara Lengkap, semoga dapat bermanfaat

0 Response to "Pengertian Konsep, Ciri-Ciri, Dan Fungsinya Menurut Para Ahli Secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel