-->

Cara Mudah Pembuatan Kwitansi Beserta Pengertian, Fungsi Dan Ciri-Cirinya Paling Terlengkap

Selamat malam sobat Ilmusosial.info - Kali ini admin akan mengulas artikel yaitu Cara Pembuatan Kwitansi, untuk itu silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Cara Mudah Pembuatan Kwitansi Beserta Pengertian, Fungsi Dan Ciri-Cirinya Paling Terlengkap

Pengertian dan Fungsi Kwitansi

Kwitansi merupakan sebagai alat bukti didalam penerimaan sejumlah uang yang telah bubuhi sinyal tangan penerima, dan diserahkan kepada yang membayar dan sesudah itu mampu digunakan sebagai bukti transaksi. Kwitansi juga merupakan surat bukti yang memperlihatkan bahwa telah terjadinya penyerahan sejumlah uang, dari pemberi kepada penerimanya dan ditandatangani oleh penerima sejumlah uang yang ditulis terhadap surat tersebut.


Kwitansi umumnya disempurnakan dengan info tempat, tanggal serta alasan penyerahan sejumlah uang tersebut. Dan umumnya sebagai memperkuat sinyal bukti transaksi terhadap kwitansi ditempelkan sebuah Materai sebesar yang telah ditentukan oleh undang-undang perpajakan.

Terdapat lebih dari satu dari transaksi yang Mengenakan bukti kwitansi didalam pendatanganannya diwajibkannya disertai materai sebagai legalitas dari kwitansi yang dibikin sebagai bukti dari transaksi tersebut. Dan mampu diartikan dari penjelasan diatas, tidak benar satu kegunaan dari kwitansi yaitu, Kwitansi mampu digunakan sebagai sinyal bukti transaksi atau penyerahan sejumlah uang (pembayaran).

Cara Pembuatan Kwitansi

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sementara pembuatan Kwitansi sebagai bukti transaksi, yang diantaranya yaitu sebagai berikut ini :
  • Jangan mendatangani kwitansi kosong, sebab dikhawatirkan ada manipulasi is Kwitansi.
  • Tuliskan secara lengkap nama orang yang akan terima uang tersebut.
  • Pada akhir uraian atau penjelasan sebaiknya berikanlah sinyal akhir tulisan. Tujuannya sehingga penjelasan terhadap kwitansi tidak mampu ditambahkan dengan penjelasan lain, yang nantinya akan berpotensi merugikan.
  • Penulisan Tempat dan tanggal sebaiknya berdekatan dengan tandatangan orang yang akan terima sejumlah uang.
  • Apabila didalam pembuatan kwitansi diwajibkan untuk menggunakan materai, maka tandatangannya pun perlu tentang materai yang ditempelkan.
  • Dan perlu diperhatikan bahwa perlu mampu membedakan pada kwitansi dengan nota jual-beli.

Ciri-Ciri Kwitansi

Berikut ini lebih dari satu ciri dari kwitansi, yang diantaranya:

Kwitansi di bagi kadalam dua bagian yaitu bagian kiri yang disebut dengan sub kwitansi, bagian ini digunakan sebagai alat bukti bagi yang terima uang dan bagian sebelah kanan diberikan kepada yang membayar atau menyerahkan sejumlah uang.

Adapun kwitansi dibikin rangkap, dimana terhadap bagian paling atas atau bagian yang asli diberikan kepada yang membayar uang dan bagian bawah atau arsipnya berikan kepada yang terima sejumlah uang.

Informasi yang dimuat didalam kwitansi diantaranya, yaitu :
  • nama lengkap yang menyerahkan sejumlah uang
  • Jumlah uang yangt diserahkan atau dibayarkan
  • Tempat maupun tanggal penyerahan uang dan nama lengkap maupun tandatangan penerima uang.

0 Response to "Cara Mudah Pembuatan Kwitansi Beserta Pengertian, Fungsi Dan Ciri-Cirinya Paling Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel