-->

Kantung Empedu : Pengertian Beserta Struktur Dan Fungsi Kantung Empedu Pada Manusia Terlengkap Disini

Pengertian Kantung Empedu

Ilmusosial.infokandung empedu atau getah empedu (Gallbladder) ialah organ berwujud layaknya buah pir yang bisa menyimpan kurang lebih 50 ml empedu yang diperlukan tubuh untuk sistem pencernaan. Pada manusia, panjang kantung empedu adalah kurang lebih 7-10 cm dan berwarna hijau gelap, ini bukan dikarenakan warna jaringannya, melainkan dikarenakan warna cairan empedu yang dikandungnya. Organ ini terhubungkan dengan hati dan usus dua belas jari (duodendum) lewat saluran empedu.

Kantung Empedu : Pengertian Beserta Struktur Dan Fungsi Kantung Empedu Pada Manusia Terlengkap Disini

Kantung empedu mengolah kurang lebih 600-1200 ml cairan empedu per harinya. Dalam suasana norma 97% berasal dari cairan empedu ini berwujud air.

Struktur Kantung Empedu

Terdapat 3 (tiga) lapis pelindung atau pembungkus kantung empedu, diantaranya yaitu:
  • Permukaan luarnya berwujud peritoneum visceral
  • Bagian tengahnya berwujud dinding yang terdiri berasal dari serat otot halus. Kontraksi berasal dari otot tersebut terbujuk oleh sistem hormonal tubuh dan bermanfaat untuk mengeluarkan cairan empedu menuju ke duodenum.
  • Permukaan dalamnya berwujud membran mukosa yang terdiri berasal dari sel-sel epitel sederhana yang berwujud silinder.

Tubuh berasal dari kantung empedu terbagi menjadi tiga bagian, Fundus, badan dan leher
  • Fundus Vesikafelea, yaitu anggota akhir berasal dari kantung empedu.
  • Korpus (badan) Vesikafelea, merupakan anggota berasal dari kantung empedu yang didalamnya memuat cairan empedu. Jumlah cairan yang diproduksi didalam satu hari adalah kurang lebih 600-1200 ml. Jumlah mengolah ini bisa meningkat sementara tubuh tengah mencerna lemak.
  • Leher Kantung Empedu, yaitu saluran daerah masuknya cairan/getah empedu kedalam korpus vesikafelea.
  • Duktus Sistikus, yaitu saluran yang membentuk saluran empedu (Duktus Koledokus) dengan dengan duktus hepatikus. Panjang saluran ini menggapai kurang lebih 3 cm.
  • Duktus Hepatikus, yaitu saluran yang muncul berasal dari leher empedu dan dengan dengan dukturs sistikus bakal membentuk saluran empedu (Duktus Koledokus).
  • Duktus Koledokus (Saluran empedu), yaitu saluran yang bakal mempunyai cairan empedu ke duodenum (usus dua belas jari).

Komposisi Getah Empedu/Cairan Empedu

Adapun komposisi atau penyusun cairan empedu diantaranya yaitu:

97 persen Air
0,7% Garam Empedu
0,2% Pigmen Empedu
0,06% Kolesterol
0,7% Garam anorganik
0,15% Asam Lemak
0,1% Lesitin
0,1% Lemak
Selebihnya Alkli fosfatase

Proses Pembentukan Getah Empedu
Cairan empedu berasal berasal dari penghancuran hemoglobin eritrosi yang sudah tua atau rusak. Hemoglobin lantas bakal diuraikan menjadi hemin, zat besi dan globin. Zat besi dan globin bakal disimpan di didalam hati dan dikirim ke sumsum tulang untuk menjadi bahan utama pembentukan sel darah merah baru. Heme (hermin) bakal dirombak menjadi bilirubin dan biliverdin. Kedua zat ini merupakan zat pemberi warna bagi cairan empedu supaya cairan empedu berwarna hijau biru. Zat warna tersebut bakal mengalami oksidasi menjadi urobilin. Kemudian urobilin dieksresikan ke luar tubuh lewat feses dan urin. Zat inilah yang memberi tambahan warna kekuningan pada feses dan urin.

Fungsi Kantung Empedu

Sebenarnya kegunaan Kantung Empedu bakal selalu terjalin dengan kegunaan cairan empedu yang disimpannya, Sehingga bakal dijelaskan sebagian kegunaan berasal dari Cairan/getah empedu :

Membantu sistem pencernaan lemak

Lemak berwujud tidak larut didalam air, menjadi hanya cairan empedu yang bisa mencerna lemak. Saat ada makanan yang masuk ke usus dua belas jari (duodenum), maka isyarat hormonal dan saraf didalam kantung empedu bakal terpicu, lantas mengundang kontraksi otot supaya cairan empedu bakal turun ke usus dua belas jari untuk mencerna makanan tersebut.

Membantu sistem absorbsi lemak
Getah empedu bermanfaat untuk mendukung penyerapan lemak oleh tubuh dengan cara memfasilitasi jalurnya menembus membran sel.

Membantu pengeluaran limbah
Pigmen hasil pemecahan sel darah merah dan kolesterol merupakan keliru satu komponen yang tidak diperlukan dan juga bisa beresiko bagi tubuh. Untuk itu, komponen ini dibuang berasal dari tubuh dengan perlindungan cairan empedu. Pembuangan kolesterol dilakukan dengan mengikat kolesterol dan lesitin untuk membentuk agregasi kecil yang disebut micelle yang setelah itu bakal dibuang lewat feses.

Membantu Menghilangkan racun berasal dari hati
Empedu punya kandungan antioksidan yang bisa menyingkirkan racun. Komponen layaknya obat-obatan, bakteri atau virus yang tidak bisa di terima tubuh bakal disaring oleh hati, setelah itu hati bakal mengirimnya muncul lewat cairan empedu.

0 Response to "Kantung Empedu : Pengertian Beserta Struktur Dan Fungsi Kantung Empedu Pada Manusia Terlengkap Disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel