-->

Materi Pengertian Usus 12 Jari Beserta Letak, Ciri, Fungsi Dan Bagian-Bagiannya Terlengkap Disini

Pengertian Usus Dua Belas Jari (Duodenum)

Ilmusosial.infoPengertian Usus 12 Ialah bagian bagian berasal dari usus halus yang terletak sehabis lambung dan menyalurkan ke usus kosong (jejunum) dengan panjang antara 25-38cm. Bagian usus dua belas jari merupakan bagian terpendek berasal dari usus halus, dimulai berasal dari bulbo duodenale dan berakhir di ligamentum Treitz. Usus dua belas jari merupakan organ retroperitoneal, yang tidak terbungkus sepenuhnya oleh selaput peritoneum. pH usus dua belas jari yang normal berkisar terhadap derajat 9 (sembilan).

Materi Pengertian Usus 12 Jari Beserta Letak, Ciri, Fungsi Dan Bagian-Bagiannya Terlengkap Disini

Pada usus halus terdapat struktur histologis yang disebut kelenjar brunner yang menghasilkan lendir berupa basa untuk menunjang penyerapan dan penetralan pH makanan. Usus dua belas jari termasuk organ retroperitoneal gara-gara tidak sepenuhnya tertutupi oleh selaput peritoneum. Saluran pankreas dan empedu mengakses langsung dengan usus halus, getah pankreas bermanfaat untuk memecah makanan, namun empedu bermanfaat untuk pemecahan dan pencernaan lemak. Hasil pencernaan lambung yang masuk ke usus dua belas jari disebut Chyme. Duodenum ini bermanfaat untuk mengolah, menetralkan, memecah dan mencerna chyme tersebut.

Karakteristik atau Ciri-Ciri Usus 12 Jari

Usus 12 jari adalah tidak benar satu bagian yang paling pendek berasal dari usus halus. Perjalanannya mampu di merasa dar bulbo duodenale selanjutnya melaju tetap hingga ligamentum treitz. Organ ini dinamakan termasuk dengan organ retroperitoneal, gara-gara seluruh bagiannya tidak terbungkus secara merata dan menyeluruh oleh selaput peritoneum. Secara karakteristik, usus 12 jari ini miliki tingkat keasaman memadai rendah. Apabila di ukur memakai pH, maka bakal menunjukan angka 9, yang mana memberi tambahan informasi bahwa usus 12 jari ini basa. Maka makanan yang masuk ke di dalam usus 12 jari ini bakal berasa basa semua.

Fungsi Usus Dua Belas Jari (Duodenum)

Secara umum, usus dua belas jari bertanggung jawab untuk menyalurkan makanan ke usus halus. Secara histologis, terdapat kelenjar Brunner yang menghasilkan lendir. Dinding usus dua belas jari tersusun atas lapisan-lapisan sel yang sangat tipis yang membentuk mukosa otot. Adapun kegunaan usus 12 jari yang lain , diantaranya yaitu:
  • Membantu pencernaan makanan
  • Membantu penyerapan makanan
  • Menghasilkan enzim yang bermanfaat di dalam proses penyerapan
  • Sebagai saluran ke usus halus
  • Untuk membentuk mukosa otot
  • Memiliki lendir yang bekerja spesifik menunjang di dalam pengolahan dan pelancaran makanan
  • Membantu di dalam penyerapan protein
  • Membantu penyerapan karbohidrat dan zat gula
  • Membantu penyerapan asam amino
  • Membantu di dalam penyerapan asam lemak
  • Sebagai proses imum
  • Sebagai tempat bermuaranya saluran-saluran terutama tubuh

Bagian-Bagian Usus Dua Belas Jari

Usus dua belas jari dibagi jadi empat bagian untuk mempermudah pemaparan.

Pars superior
Bagian pertama, yaitu pars suoerior dimulai berasal dari akhir pilorus. Selanjutnya, saluran bakal membelok ke lateral kanan. Bagian ini miliki panjang kira-kira 5 cm.

Pars ascendens

Bagian yang terakhir, pars ascendens berupa saluran menaik dan berakhir terhadap awal usus kosong (jejunum).

0 Response to "Materi Pengertian Usus 12 Jari Beserta Letak, Ciri, Fungsi Dan Bagian-Bagiannya Terlengkap Disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel