-->

Bronkus : Pengertian Beserta Struktur, Bagian Dan Fungsi Terlengkap Disini

Pengertian Bronkus

Ilmusosial.info - Bronkus ialah cabang tenggorokkan yang terdapat setelah trakea dan sebelum saat paru-paru. Setelah masuk ke dalam paru, bronkus bakal bercabang ulang menjadi bronkiolus. Bronkus sebelah kanan bakal bercabang menjadi 3 bronkus lobaris, tetapi bronkus sebelah kiri bakal bercabang menjadi 2 bronkus lobaris. Bronkus bermanfaat untuk membawa udara ke paru-paru.

Bronkus : Pengertian Beserta Struktur, Bagian Dan Fungsi Terlengkap Disini


Struktur dan Bagian-Bagian Bronkus

Terdapat sebagian divisi bronkus di setiap lobus paru. Pertama yakni bronkus lobaris yang merupakan cabang bronkus utama, 3 di paru kanan dan dua di paru kiri. Bronkus lobaris lantas bakal bercabang ulang menjadi bronkus segmental, 10 pada paru kanan dan berjumlah delapan pada paru kiri. Bronkus segmental kemudian bakal bercabang ulang menjadi bronkus subsegmental. Bronkus subsegmental ini dikelilingi oleh jaringan ikat, pembuluh darah, pembuluh limfatik dan pembuluh saraf. Kemudian bronkus segmental bakal bercabang menjadi bronkiolus yang tidak mempunyai kartilago (tulang rawan) pada dindingnya.

Dinding bronkus terdiri dari sebagian lapisan, diantaranya yaitu:

Lapisan Epitel
Jaringan epitel yang menyusun bronkus yakni epitel silindris bersilia, sel ini bakal menghasilkan mukus atau cairan kental seperti lendir yang bermanfaat menangkap kotora dan menjaga saluran pernapasan dari benda asing.

Lamina Propia (Jaringan Ikat)
Lamina Propia yakni susunan yang bermanfaat sebagai pondasi sel epitel (tempat menempelnya sel-sel epitel). Lamina propia merupakan susunan jaringan ikat yang mengandung pembuluh darah, saraf dan pembuluh limfa.

Lapisan Otot
Lapisan otot yang menyusun bronkus terdiri dari otot polos. Sifat otot polos yakni tidak bisa dikendalikan atau bekerja secara involunter (tidak sadar). Lapisan otot bermanfaat sebagai pengatur lebar dari dinding bronkus, Lapisan otot tersebut bisa menjalankan fungsi ini bersama kontraksi ataupun relaksasi otot tersebut.

Lapisan Tulang Rawan
Tulang rawan merupakan tulang utama yang menyusun sebagian besar saluran pernapasan. Tulang rawan pada bronkus tersusun seperti jala yang tidak teratur. Tulang rawan mempunyai pembawaan yang lunak dan elastis agar bisa memudahkan gerakan pernapasan. Bronkiolus yang merupakan percabangan dari bronkus tidak ulang mempunyai tulang rawan.

Fungsi Bronkus

Adapun fungsi bronkus diantaranya yaitu:
    Menyaring Udara Pernapasan
    Seperti yang telah diketahui, susunan epitel bronkus mempunyai sel yang bisa menghasilkan mukus. Selain itu, dinding sel bronkus juga mempunyai silia atau bulu halus. Hal tersebut membawa dampak kotoran atau benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan menempel dan tersaring agar tidak masuk ke paru-paru.

    Melembabkan Udara Pernapasan
    Selain mempunyai fungsi untuk mengeliminasi komponen berbahaya, mukus yang dihasilkan oleh sel gobet di jaringan epitel juga bisa melembabkan atau menghangatkan udara pernapasan.

    Sebagai konduktor udara antara atmosfer (lingkungan luar) bersama alveoli.
    Menghubungkan tenggorokan (trakea) dan paru-paru

    0 Response to "Bronkus : Pengertian Beserta Struktur, Bagian Dan Fungsi Terlengkap Disini"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel