-->

Pengertian Teks Editorial dan Stukturnya, Fungsi, dan Tujuan, Manfaat, Ciri dan Contoh Teks Editorial Terlengkap

Pengertian Teks Editorial dan Stukturnya, Fungsi, dan Tujuan, Manfaat, Ciri dan Contoh Teks Editorial Terlengkap – Jika kamu membaca sebuah teks dan terdapat pendapat pribadi dari seseorang terhadap suatu masalah bisa disebut kamu sudah membaca teks editorial atau teks opini atau juga sering disebut dengan tajuk rencana.

Pengertian Teks Editorial dan Stukturnya, Fungsi, dan Tujuan, Manfaat, Ciri dan Contoh Teks Editorial Terlengkap


Ilmusosial.com, Kali ini saya akan membahas tentang pengertian teks editorial dan strukturnya, tujuan, manfaat, fungsi, ciri-ciri kaidah dan contoh teks editorial.

1 Pengertian Teks Editorial Adalah2 Tujuan dan Manfaat Teks Editorial Adalah3 Fungsi Teks Editorial Adalah4 Ciri-Ciri Teks Editorial Adalah5 Struktur Teks Editorial Adalah6 Kaidah Kebahasaan Teks Editorial Adalah7 Contoh Teks Editorial Adalah

Pengertian Teks Editorial
Pengertian Teks Editorial Ialah teks yang berisi tentang pendapat pribadi seseorang pada suatu isu atau pada masalah aktual. Isu itu meliputi masalah pada sosial, politik atau ekonomi yang memiliki hubungan signifikan dengan masalah politik.

Teks editorial atau teks opini biasanya rutin ada di surat kabar, dimana pengungkapan ini dilengkapi dengan bukti-bukti, fakta, atau alasan yang logis agar pembaca ataupun pendengar dapat menerimanya.

Tujuan dan Manfaat Teks Editorial
Tujuan dan manfaat teks editoral/Opini sebagai Berikut :

a. Tujuan
Mengajak para pembaca/pendengar untuk ikut berpikir ke dalam isu yang sedang banyak dibicarakan di kehidupan sekitar.
Memberikan pandangan pada para pembaca/pendengar pada isu yang sedang berkembang di masyarakat.

b. Manfaat
Memberikan informasi kepada masyarakat
Untuk merangsang pemikiran
Dapat menggerakan pembaca untuk mengambil tindakan

Fungsi Teks Editorial
Fungsi teks editorial diantaranya sebagai Berikut :

Menjelaskan berita dan akibatnya kepada masyarakat
Mempersiapkan masyarakat akan kemungkinan yang terjadi
Mengisi latar belakang dari isu dengan kenyataan sosial dan faktor yang mempengaruhinya.
Meneruskan penilaian moral tentang isu tersebut.

Ciri-Ciri Teks Editorial
Adalah Tema tulisan selalu hanyat (sedang banyak dibicarakan), aktual dan faktual
Bersifat sistematis dan logis
Kalimat yang digunkan singkat, padat dan jelas.

Struktur Teks Editorial
Struktur pada teks editorial adalah sama dengan struktur teks eksposisi yakni pernyataan pendapat atau tesis, argumentasi, dan pernyataan ulang pendapat atau reitaration.

Pernyataan pendapat
Pernyataan pendapat atau tesis ialah bagian yang berisi tentang pandangan atau sudut pandang penulis pada permasalahan yang dibahas. Dan ini mengacu pada bentuk pernyataan atau teori yang diperkuat dengan argumen.

Argumentasi
Argumentasi ialah bentuk bukti atau alasan yang dapat digunakan untuk memperkuat pernyataan dalam sebuah tesis, walaupun begitu argumentasi juga dapat digunakan untuk menolak sebuah pendapat. Argumentasi juga dapat berupa generalisasi atau pernyataan umum, data hasil pernyataan, pernyataan para ahli ataupun fakta yang didasari oleh referensi yang terpercaya.

Pernyataan Ulang Pendapat
Pernyataan/penegasan ulang pendapat atau Reiteration ialah bagian teks editorial yang berisi tentang penguatan kembali pendapat yang sudah di tunjang oleh fakta dalam argumentasi. Pernyataan ulang pendapat terdapat pada bagian akhir teks.

Kaidah Kebahasaan Teks Editorial

Adalah Kaidah kebahasaan yang digunakan dalam tek editorial tidak berbeda jauh dengan teks prosedur kompleks yaitu menggunakan verba material.

Adverbia adalah ditujukan agar pembaca meyakini teks yang dibahas dengan menggunakan kata keterangan seperti selalu, sering, biasanya, kadang-kadang, jarang dan lain sebagainya.
Konjungsi adalah kata penghubung pada teks, seperti bahkan dan lain sebagainya.
Verba material ialah verba yang menunjukan perbuatan fisik atau sebuah peristiwa.
Verba rasional ialah verba yang menunjukan hubungan intensitas(Pengertian B adalah C) dan milik (Mengandung pengertian B memiliki C)
Verba mental adalah verba yang menunjukan persepsi (melihat, dan lainnya), afeksi (khawatir dan lainnya), dan kognisi (mengerti dan lainnya). Pada verba mental ada partisi[am pengindra dan fenomena.

Contoh Teks Editorial

adalah Sebagai konsekuensi dari pembatasan penyaluran bahan bakar minyak bersubsidi, kelangkaan solar, dan premium mulai dirasakan di sejumlah daerah. Belum jelas apa tindakan yang akan ditempuh pemerintah agar kelangkaan yang kian meluas ini tak sampai memunculkan keresahan dan gejolak di masyarakat. Dan pasti, tidak bisa dengan dalih kuota tak boleh di langgar, barang yang begitu vital bagi masyarakat dibiarkan menghilang dari pasaran.

Argumentasi:
adalah Tanggung jawab pemerintah untuk menjamin BBM tetap ada di pasar. Kita juga dapat mempertanyakan pernyataan pihak Pertamina yang menyebutkan, sebab pembatasan dilakukan dalam rangka mengendalikan konsumsi BBM bersubsidi agar tak melebihi kuota, dan ada kemungkinan kondisi ini diperkirakan berlangsung sampai akhir tahun. Kita juga memahami Pertamina dihadapkan pada dilema pelik menjaga BBM bersubdi agar cukup hingga Desember 2014. Sebagai bagian dari upaya dari menekan defisit APBN, kuota BBM bersubsidi dipangkas dari 48 juta kl menjadi 46 juta kl pada APBN Perubahan 2014. Untuk bisa penyaluran BBM bersubsidi di atas angka itu, pemerintah tak akan membayarkan subsudinya kepada Pertamina. Maka yang dilakukan Oleh Pertamina ialah membatasi penyaluran BBM bersubsidi secara prorata dengan menetapkan kuota harian dan mengurangi jatah SPBU.

Permasalahanya, dampak yang diakibatkan oleh pembatasan ini dirasakan bukan karena pihak pemilik kendaraan pribadi. Warga kesulitan mendapatkan BBM. Aktivitas ekonomi, termasuk distribusi bidang logistik, juga lumpuh atau terganggu. Petani dan para nelayan kecil yang membutuhkan solar serta premium untuk irigasi dan melaut juga terkena imbasnya. Di sejumlah daerah-daerah, kelangkaan bahkan bukan hanya terjadi pada BBM bersubsidi, melainkan juga nonsubsidi. Jadi, langkah pembatasan kembali membebani secara tak adil pada masyarakat kecil yang bukan hanya dihadapkan pada kenaikan BBM, melainkan juga kelangkaan. Aktifitas ekonomi, temasuk di distribusi logistik, juga lumpuh atau terganggu, Petani dan para nelayan kecil yang membutuhkan solar serta premium untuk irigasi dan melaut juga terkena imbasnya.

Pernyataan Ulang Pendapat:
Pengalaman selama ini, Ketika pembatasan yang mekanismenya tidak disiapkan dengan baik itu hanya memunculkan persoalan baru. Akrobat dari pemerintah dengan subsidi energi mencapai 300 triliun pada tahun 2014 dan diperkirakan 500 triliun di tahun 2015 tidak semestinya terjadi seandanya pemerintah dari awal tak menunda menempuh langkah berani untuk memangkas ke depan, opsi dalam pembatasan saja tak cukup. Pemerintah kita harus disadarkan, era minyak murah telah lama berlalu dan kita tak mau terus tersandera akan subsidi.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Teks Editorial dan Stukturnya, Fungsi, dan Tujuan, Manfaat, Ciri dan Contoh Teks Editorial Terlengkap. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat
Anyone who will certainly purchase auto insurance must be aware to purchase the best opportunities and never fall under traps. The very best option usually is to look out for car insurance quotes Florida, since they‘ve the ideal opportunity to anyone who is attempting to find a genuine deal. Although only about 30% from the vehicles circulating throughout the planet have car insurance, this really is still the simplest way to protect your automobile. It‘s different coverages to satisfy the foremost diverse customer profiles and provides safety to the driver. But when one thinks of buying you have to be mindful of some items. Keep an eye on the most ones : CHOOSE YOUR CAR CAREFULLY If you‘re still going to purchase your car a tip is to examine if it‘s not on possibilities of the very most stolen because people who suffer most robbery index usually have the very best insurance value. Now, when you have already bought your car without first checking these details, there is no need a far better way, you have to put money into other safety items, for example alarms and trackers, if you need to pay less cash upon the car insurance quotes Florida. SEARCH FOR DIFFERENT INSURERS Don‘t buy from the very first insurer you discover since the price can vary greatly from somethat you another. The tip is to carry out the quotation in many the strategies, always checking not just the values, but what every one offers. To avoid being inside the hand when you‘ll need it the foremost, check the insurer is enabled is basically good, since just the registered ones can offer this sort of service. If you want quotes, look out for car insurance quotes Florida. GET ONLY WHAT YOU NEED Insurers will provide you with a wide selection of coverage and additional services, however you don‘t have to accept all the strategies. Check only people who interest you. For instance, the cover against damage inside the glasses can leave your insurance a lot more expensive and finish up not compensating financially. SET INSURANCE EXPENSE LIMITS TO YOUR BUDGET N use choosing the very best insurance in case you cannot purchase it, because even when the installments are late, your coverage is suspended. So research and produce good use of just simply the amount you are able to pay in each instalment. Further details here : http : / / www. moneysavingexpert. com / travel / cheap-car-hire ASK A BROKER FOR HELP It isn‘t possible to employ insurance with no broker, so It‘ll continue to keep your connection using the insurer. The broker will help you discover the insurance you‘ll need, without leaving out any important coverage, ensuring a very good price. If you want help contact car insurance quotes Florida. FILL OUT THE FORM CAREFULLY This way will certainly be used when determining the worth of your auto insurance, driven by driver’s information and the usage of the vehicle. Along with influencing price, it might cause it to be difficult to make use of insurance if the knowledge is false. So complete calmly, don‘t omit information, and particularly don‘t lie. READ THE PROPOSAL The proposal determines your rights and duties in relation to auto insurance and hence ought to be read carefully before signing. If something is divergent from what is done before and it really is detrimental for you, don‘t accept the elaborate proposal and check out to negotiate. Therefore you guarantee the very best auto insurance for a good price with car insurance quotes Florida ! credit cards with cash back credit card reader credit card instant approval online apply credit card bad credit credit cards credit card selection online visa card pay with credit card credit card charges visa or mastercard credit card machine apply a credit card small business credit cards prepaid debit cards visa debit card mbna credit card credit card terminal card credit application credit card generator credit card balance credit card numbers credit card transfer credit card interest rates credit card interest gold card credit card online best rate credit cards credit card low interest visa card online online credit card how to aplly a credit card 0 interest credit cards debit card

0 Response to "Pengertian Teks Editorial dan Stukturnya, Fungsi, dan Tujuan, Manfaat, Ciri dan Contoh Teks Editorial Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel