-->

Otak Belakang : Pengertian Beserta Struktur Bagian Dan Fungsi Otak Belakang (Metencephalon) Terlengkap Disini

Ilmusosial.infoOtak belakang (Myelencephalon, Metencephalon, Rhombencephalon) yaitu anggota otak yang meliputi jembatan Varol (pons, pons Varolii), sumsum lanjutan (medulla oblongata) dan otak kecil (cerebellum). Ketiga anggota ini membentuk batang otak (brainstem).

Otak Belakang : Pengertian Beserta Struktur Bagian Dan Fungsi Otak Belakang (Metencephalon) Terlengkap Disini

Jembatan Varol berisi serabut saraf yang menghubungkan lobus kiri dan kanan otak kecil, dan juga menghubungkan otak kecil dengan korteks otak besar.

Sumsum lanjutan membentuk anggota bawah batang otak dan juga menghubungkan jembatan pons dengan sumsum tulang belakang. Sekelompok neuron pada formasi retikular di dalam sumsum lanjutan berfaedah mengontrol proses pernapasan, dan saraf kranial yang berfaedah menyesuaikan laju denyut jantung termasuk berada pada sumsum ini. Selain itu, ini termasuk berperan sebagai pusat pengatur refleks fisiologi, tekanan udara, suhu tubuh, pelebaran atau penyempitan pembuluh darah, gerak alat pencernaan, dan sekresi kelenjar pencernaan. Fungsi lain berasal dari sumsum lanjutan yaitu menyesuaikan gerak refleks, layaknya batuk, bersin, dan berkedip.


Struktur Bagian Otak Belakang

Otak Belakang terdapat di basic kepala, terdiri berasal dari empat anggota fungsional, yaitu medulla oblongata, pons, wujud reticular (reticular formation), dan cerebellum. Komponen utamanya, diantaranya yaitu:

Medulla oblongata yaitu titik awal saraf tulang belakang berasal dari sebelah kiri badan menuju anggota kanan badan, begitu termasuk sebaliknya. Medulla mengontrol fungsi otomatis otak, layaknya detak jantung, sirkulasi darah, pernafasan, dan pencernaan.


Pons merupakan “stasiun pemancar” yang mengirimkan knowledge ke pusat otak dengan dengan formasi reticular. Selain itu termasuk sebagai jembatan saraf yang menghubungkan dua belahan otak kcil, otak depan dengan otak belakang, dan otak depan dengan sumsum tulang belakang. Pons dapat memilih apakah kami terjaga atau tertidur.

Formasi Reticular memiliki peran penting dalam pengaturan gerakan dan perhatian. Formasi reticular seolah-olah berfaedah mengaktifkan anggota lain dalam otak.

Cerebellum (otak kecil) berkerut, hampir layaknya otak besar (otak secara keseluruhan). Cerebellum mengontrol beraneka fungsi otomatis otak. Tapi, sebetulnya fungsi selanjutnya wajib dipelajari dan dilatih, layaknya keseimbangan dan koordinasi. Misalnya pas berjalan, kalau jalan yang kami lalui udah biasa dilewati, maka tanpa berpikir, kami udah dapat sampai ditujuan. Fungsi cerebellum berfaedah sebagai kendali/kontrol atas gerakan kita.


Otak belakang merupakan wujud perpanjangan berasal dari proses saraf tulang belakang. Otak belakang disusun oleh metensefalon (metencephalon) dan mielensefalon (myelencephalon).

Metensefalon
Metensefalon yaitu anggota otak belakang yang strukturnya terdiri atas pons varolli (jembatan varolli) dan cerebellum (otak kecil). Metensefalon berada di bawah tempat posterior cerebrum (telensefalon) dan di atas medulla oblongata (disebut termasuk sebagai sumsum sambung). Area ini menopang dalam proses keseimbangan tubuh, koordinasi gerak, refleks jantung, tidur, sirkulasi, irama gerak otot, dan pengendalian informasi pengindraan.

Mielensefalon
Mielensefalon disusun oleh medulla oblongata (sumsum sambung). Mielensefalon bertanggung jawab dalam mengontrol fungsi-fungsi otonomi, layaknya bernapas, denyut jantung, menelan, bersin, dan pencernaan. Mielensefalon terdapat di anggota inferior brain stem.


Fungsi Otak Belakang

Adapun fungsi otak belakang diantaranya yaitu:
  • Mengendalikan gerakan tubuh dalam ruang
  • Menyimpan ingatan untuk respon-respon basic yang dipelajari.
  • Mengatur sikap atau posisi tubuh, keseimbangan, dan koordinasi gerakan otot yang berjalan secara sadar. Jika berjalan cedera pada otak kecil, dapat mengakibatkan gangguan pada sikap dan koordinasi gerak otot. Gerakan menjadi tidak terkoordinasi, jika orang selanjutnya tidak dapat memasukkan makanan ke dalam mulutnya.

0 Response to "Otak Belakang : Pengertian Beserta Struktur Bagian Dan Fungsi Otak Belakang (Metencephalon) Terlengkap Disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel