-->

Pengertian Dan Macam-Macam Gerak Tumbuhan Paling Lengkap

Pengertian Dan Macam-Macam Gerak Tumbuhan

Ilmusosial.info - Berikut ini penjelasan mengenai Pengertian Dan Macam-Macam Gerak Tumbuhan . Bergerak adalah merupakan salah satu ciri makhluk hidup. Gerak berpindah tempat yang dilakukan manusia dan hewan adalah disebut gerak aktif. Namun tidak semua gerak makhluk hidup berpindah tempat, ada bagian yang melakukan gerakan, gerak tersebut disebut dengan gerak pasif. untuk pembahasan lebih lengkapnya silahkan anda simak berikut ini.


Pengertian Dan Macam-Macam Gerak Tumbuhan Paling Lengkap

Contoh makhluk hidup dengan gerak pasif tersebut diantaranya adalah tumbuhan. Pada prinsipnya, tumbuhan dapat bergerak karena adanya proses pertumbuhan dan karena adanya kepekaan pada rangsangan atau irritabilitas. Sebagai respon atau tanggapan terhadap rangsangan, tumbuhan akan melakukan gerakan menuju rangsangan atau bahkan menjauhi rangsangan.


Pengertian Dan Macam-Macam Gerak Tumbuhan

Nah kali ini kita akan membahas mengenai macam macam pengertian gerak pada tumbuhan beserta contoh tumbuhannya. antara lain sebagai berikut :

Macam-Macam Gerak Pada Tumbuhan

Terdapat 2 macam gerak pada tumbuhan ialah gerak endonom dan etionom.

Gerak Endonom

Gerak Endonom adalah merupakan gerakan pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan dari dalam tumbuhan. Ada 2 gerakan endonom antara lain ialah gerak nutasi dan gerak higroskopis.

Gerak Nutasi
Gerakan nutasi adalah merupakan gerakan spontan yang tidak disebabkan karena adanya rangsangan dari luar. Contoh gerak nutasi antara lain adalah gerakan aliran sitoplasma dalam tanaman air Hydrilla verticillata.

Gerak Higroskopis
Gerak Higroskopis adalah merupakan gerakan pada tumbuhan yang disebabkan karena adanya perubahan kadar air. Contoh gerak higroskopis antara lain ialah gerak pecahnya kulit polong-polongan yang sudah kering.

Gerak Etionom
Gerak Etionom adalah merupakan gerakan pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan yang berasal dari luar tumbuhan. Faktor penyebab gerakan etionom antara lain ialah air, cahaya, dan rangsangan berupa sentuhan, temperatur/suhu, gravitasi, zat kimia dan lain sebagianya. Ada 3 gerakan etionom yaitu gerak tropisme, gerak taksis dan gerak nasti.

Gerak Tropisme
Gerak Tropisme adalah merupakan gerakan pada tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Gerak tropisme dibedakan menjadi gerak Fototropisme, gerak Geotropisme, gerak Hidrotropisme, dan gerak Tigmotropisme.

a. Fototropisme
Gerak Fototropisme adalah merupakan gerakan pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya matahari. Gerak Foto tropisme dibagi menjadi 2 yaitu fototropisme positif dan fototropisme negatif.

Fototropisme positif mempunyai arah gerak pertumbuhan selalu menuju arah cahaya, contohnya gerak pada tanaman biji-bijian yang sedang tumbuh tunas. Sedangkan, fototropisme negatif mempunyai arah gerak pertumbuhan selalu menjauhi cahaya, contoh gerak ini terjadi pada beberapa tumbuhan tropis merambat.

b. Geotropisme
Gerak Geotropisme adalah merupakan gerakan pada tumbuhan yang dipengaruhi oleh gravitasi bumi. Gerak geotropisme dibagi menjadi 2 yaitu geotropisme positif dan geotropisme negatif.

Geotropisme positif mempunyai arah pertumbuhan selalu menuju kebawah atau kedalam tanah, sedangkan geotropisme negatif memiliki arah pertumbuhan akar selalu menuju ke atas.

c. Hidrotropisme
Gerak Hidrrotopisme adalah merupakan gerakan pada tumbuhan menuju kearah yang basah atau berair. Hidotropisme dibagi menjadi 2 yaitu hidrotropisme positif dan hidrotropisme negatif.

Hidrotropisme positif mempunyai arah pertumbuhan menuju tempat yang berair. Contoh gerakan ini yaitu arah pertumbuhan ujung akar dalam tanah yang selalu menuju tempat yang mengandung air. Hidrotropisme negatif mempunyai arah pertumbuhan menjauhi tempat yang berair.

d. Tigmotropisme
Gerak Tigmotropisme adalah merupakan gerakan pada tumbuhan yang disebabkan karena adanya persinggungan. Contoh gerakan ini yaitu sulur markisa dan batang mentimun yang membelit tanaman lain.

Gerak Taksis

Gerak taksis adalah merupakan gerakan seluruh tubuh tumbuhan yang dipengaruhi oleh datangnya rangsang. Gerak Taksis dibedakan menjadi Fototaksis dan Kemotaksis.

a. Fototaksis
Gerak fototaksis adalah merupakan gerakan pada seluruh tubuh tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan cahaya. Contoh gerak fototaksi yaitu gerakan euglena yang selalu mendekati cahaya.

b. Kemotaksis
Gerak Kemotaksis adalah merupakan gerakan yang dipengaruhi oleh rangsang berupa zat kimia. Contoh gerak kemotaksis yaitu  spermatozoid pada arkegonium tumbuhan lumut dan tumbuhan paku yang bergerak disebakan tertarik oleh zat gula atau protein.

Gerak Nasti

Gerak Nasti adalah merupakan gerakan pada tumbuhan yang arah geraknya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Gerak nasti dibagi menjadi 6 yaitu Fotonasti,Thermonasti, Niktinasti, Seismonasti, Kemonasti dan Nasti Kompleks.

a. Fotonasti
Gerak fotonasti adalah merupakan gerakan yang dipengaruhi oleh rangsangan cahaya. Contoh gerak fotonasti yaitu gerak mekarnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) pada sore hari.

b. Thermonasti
Gerak Thermonasti adalah merupakan gerakan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa suhu. Contoh gerak thermonasti yaitu gerak mekarnya bunga tulip pada suhu tertentu.

c. Niktinasti
Gerak niktinasti adalah merupakan gerakan yang disebabkan oleh kondisi gelap. Contoh gerak niktinasti yaitu gerak menutupnya daun majemuk (lamtoro atau turi) karena cahaya gelap.

d. Seismonasti
Gerak Seismonasti adalah merupakan gerakan yang dipengaruhi oleh rangsangan berupa sentuhan. Contoh gerak seismonasti yaitu gerak menutupnya daun putri malu (Mimosa pudica) karena disentuh.

e. Kemonasti
Gerak Kemonasti adalah merupakan gerakan yang dipengaruhi oleh rangsang berupa zat kimia. Contoh gerakan kemonasti yaitu membukanya stomata pada siang hari karena adanya karbondioksida (CO2).

f. Nasti kompleks
Gerak Nasti Komplek adalah merupakan gerak yang dipengaruhi lebih dari satu macam rangsang. Contohnya yaitu, gerak membuka dan menutupnya mulut daun (stomata) karena cahaya matahari, zat kimia, air dan suhu.

0 Response to "Pengertian Dan Macam-Macam Gerak Tumbuhan Paling Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel