-->

Pengertian Cek Beserta Sejarah, Jenis, Dan Bagiannya Terlengkap Disini

Pengertian Cek

Ilmusosial.info - Dilansir dari situs Wikipedia ialah perintah tercantum nasabah kepada bank untuk menarik dananya sejumlah khusus atas namanya atau atas unjuk.

Pengertian Cek Beserta Sejarah, Jenis, Dan Bagiannya Terlengkap Disini

Sejarah Cek

Awal mula dan sejarah berasal dari proses pembayaran pakai cek pertama kali terhadap tahun 352 sebelum saat masehi di Romawi, namun baru tahun 1500 ditemukan bukti nyata ada transaksi pakai cek di Belanda. Cek ini lantas berkembang ke negara Inggris sekitar tahun 1700-an. Salah satu bank di Iggris memberikan nomor seri di sudut kanan atas cek agar sanggup melacak keberadaan cek tersebut, dan berasal dari sanalah asal kata “check”.

Jenis-jenis Cek

Cek lantas memiliki sebagian style pada lain :

Cek Atas Nama


Cek Atas Nama adalah cek yang diterbitkan atas nama seseorang atau badan hukum khusus yang tercantum menyadari di dalam cek tersebut. Contohnya jikalau di dalam cek tercantum perintah bayarlah kepada: Ny. Melisa sejumlah Rp 15.000.000,- atau bayarlah kepada CV. Sentosa duwit sejumlah Rp 100.000.000,- maka cek inilah yang disebut dengan cek atas nama, namun dengan catatan kata “atau pembawa” di belakang nama yang diperintahkan dicoret.

Cek Atas Unjuk

Cek atas unjuk merupakan kebalikan berasal dari cek atas nama. Di dalam cek atas unjuk tidak tercantum nama seseorang atau badan hukum khusus menjadi siapa saja sanggup menguangkan cek atau dengan kata lain cek sanggup diuangkan oleh si pembawa cek. Sebagai perumpamaan di dalam cek tersebut tercantum bayarlah tunai, atau cash atau tidak ditulis kata-kata apa pun.

Cek Silang

Cek Silang atau cross cheque merupakan cek yang dipojok kiri atas diberi dua sinyal silang. Cek ini sengaja diberi silang, agar manfaat cek yang pada mulanya tunai berubah menjadi non tunai atau sebagai pemindahbukuan.

Cek Mundur

Merupakan cek yang diberi tanggal mundur berasal dari tanggal seka¬rang, seandainya hari ini tanggal 01 Mei 2002. Sebagai contoh. Ny. Melisa bermaksud mencairkan selembar cek dan di mana dalam cek tersebut tercantum tanggal 5 Mei 2002. style cek inilah yang disebut dengan cek mundur atau cek yang belum jatuh tempo, perihal ini kebanyakan berlangsung sebab tersedia kesepakatan pada si pemberi cek dengan si penerima cek, seandainya sebab belum memiliki dana terhadap saat itu.

Cek Kosong

Cek kosong atau blank cheque merupakan cek yang dananya tidak tersedia di dalam rekening giro. Sebagai perumpamaan nasabah Ny. Melisa menarik cek senilai 60 juta rupiah yang tercantum di dalam cek tersebut, akan namun dana yang tersedia di rekening giro tersebut hanya tersedia 50 juta rupiah. Ini berarti kekurangan dana sebesar 10 juta rupiah, seandainya nasabah menariknya. Jadi menyadari cek tersebut tidak cukup jumlahnya dibandingkan dengan kuantitas dana yang ada.

Bagian-Bagian Cek

Didalam Cek terkandung bagian-bagian atau keterangan layaknya :

Ada tercantum kata-kata Cek atau Cheque
  • Ada tercantum Bank Penerbit (Bank Matras)
  • Ada nomor cek
  • Ada tanggal penulisan cek (di bawah nomor cek)
  • Ada perintah membayar ” bayarlah kepada……. atau pembawa”
  • Ada kuantitas duwit (nominal angka dan huruf)
  • Ada-tanda tangan dan atau cap perusahaan pemilik cek
Fungsi Cek
Cek memiliki manfaat dan manfaat untuk :
  • Menarik atau mengambil duwit direkening giro.
  • Alat untuk melaksanakan pembayaran.

0 Response to "Pengertian Cek Beserta Sejarah, Jenis, Dan Bagiannya Terlengkap Disini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel