Resume Buku "Membenahi Pendidikan Nasional"
Maret 26, 2016
Add Comment
Judul : Membenahi Pendidikan Nasional
Penulis : H.A.R. Tilaar
Penerbit : Rineka Cipta
Tahun Terbit : 2009
Halaman yang di Resume : Halaman 95-99
Kota Terbit : Jakarta
Jumlah Halaman : 168 Halaman
DEMITOLOGISASI PROFESI GURU DI INDONESIA
Salah satu rendahnya kemauan politik pemerintah dan masyarakat terhadap pendidikan nasionalnya terlihat dari terpuruknya profesi guru. Profesi guru yang didalam masyarakat Indonesia sebagai profesi yang terhormat dan ditinggikan tetapi sekaligus dicampakkan. Pengamatan ini tentunya merupakan lampu kuning terhadap upaya bangsa Indonesia untuk dapat hidup dan bersaing dalam kehidupan global abad 21. Secara garis besar terdapat tiga wacana (domain) yang merupakan wadah tumbuhkembangnya berbagai demitologisasi profesi guru di Indonesia yaitu:
1) Status Sosial
2) Politik dan Kekuasaan
Penyebab demitologisasi profesi guru dilihat dari faktor politik dan kekuasaan disebabkan oleh; (1) guru pantang berpolitik. Telah merupakan suatu mitos bahwa profesi guru adalah profesi etis yang pantang masuk politik praktis. Memang politik praktis berorientasi kepada kekuasaan. Sedangkan yang dihadapi oleh profesi guru adalah peserta didik yang perlu bantuan untuk mengembangkan kemampuannya. Memang dalam pengertian tertentu profesi guru berfungsi untuk menggalang kekuasaan agar supaya kepentiangan peserta didik dapat dilindungi dan dikembangkan; (2) partai politik guru diharamkan. Sesuai dengan citra bahwa profesi guru adalah profesi etis maka dianggap tidak pada tempatnya apabila guru menggabungkan diri pada kekuatan suatu partai politik. Memang inti dari suatu partai politik ialah memupuk kekuasaan. Namu demikian, apabila penggalangan kekuatan tersebut diarahkan kepada pengembangan peserta didik maka alternatif adanya suatu partai politik bagi profesi guru perlu dipertimbangkan. Sudah tentu ini bukan satu-satunya pemecahan maslah untuk menarik perhatian masyarakat terhadap pentingnya pendidikan.
3) Organisasi Profesi
4) Status Profesi
Terkait dengan status profesi ada dua penyebab munculnya demitologisasi profesi guru; (1) profesi guru. Mitos ini dalam dunia profesional abad 21 merupakan kekeliriuan, dunia profesional menuntut syarat-syarat profesional. Program pengembangan profesi guru menuntut program yang dapat melahirkan guru profesional, dengan demikian profesi guru bukanlah profesi sembarangan tetapi yang memenuhi kriteria-kriteria profesional; (2) profesi guru bukanlah suatu profesi pekerja. Profesi guru adalah profesi pekerja yang mempunyai hak-hak dan kewajiban masih dianggap tabu dalam masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu perlu diluruskan bahwa guru adalah seorang pendidik pekerja, oleh sebab itudia juga mempunyai hak dan kewajiban yang menuntut perlindungan.
5) Ilmu Pengetahuan
Demitologisasi profesi guru dilihat dari indkator ilmu pengetahuan disebabkan; (1) ilmu pendidikan bukan ilmu berdiri sendiri. Ilmu pendidikan sebagai ilmu terapan yang menerapkan prinsip-prinsip dari ilmu yang lain, akibat, dari mitos tersebut perkembangan ilmu pendidikan relatif terbelakang. Demikian pula investasi untuk pengembangan ilmu tersebut, dewasa ini ilmu pendidikan telah diakui secara luas sebagai ilmu yang otonom yang mempunyai prinsip-prinsip sendiri;(2) ilmu pendidikan adalah ilmu praktis yang mudah dikuasai. Mitos bahwa ilmu pendidikan sebagai ilmu praktis dan oleh sebab itu mudah dikuasai disebabkan karena ilmu pendidikan adalah ilmu yang relatif masih muda. Dewasa ini ilmu pendidikan telah begitu berkembang kaitannya dengan berbagai cabang ilmu pengetahuan yang modern seperti brain science, ilmu pengetahuan komunikasi dan teknologi komunikasi. Ilmu pendidikan telah menunjukkan akan hak hidupnya sebagai ilmu pengetahuan yang memerlukan penguasaan mendalam dari seorang yang ingin memasuki profesi pendidikan.
0 Response to "Resume Buku "Membenahi Pendidikan Nasional""
Posting Komentar