-->

Pengertian Statistik dan Manfaat Statistik Paling Lengkap

Pengertian Statistik dan Manfaatnya

Ilmusosial.info - Dipembahasan kali ini akan mengulas mengenai Statistik. Statistik ialah sekumpulan angka yang dipakai untuk menerangkan sesuatu baik itu angka acak maupun angka tersusun pada suatu daftar grafik. Statistik berasal dari bahasa Latin yang artinya status yang berarti negara atau hal yang berhubungan dengan ketatanegaraan.

Pengertian Statistik dan Manfaat Statistik Paling Lengkap

Pengertian statistik yang lain adalah sekumpulan cara dan aturan mengenai pengumpulan, penganalisaan, pengolahan dan penafsiran data dari angka-angka. Statistik ialah sekumpulan angka yang menjelaskan sifat data ataupun hasil pengamatan.


Pengertian Statistik Menurut Para Ahli

Croxton dan Cowden
Menurut Croxton dan Cowden Statistik ialah merupakan metode untuk mengumpulkan, mengelola, menyajikan dan menginterpretasikan data yang berwujud angka.

Anderson Dan Bancroft
Menurut Anderson Dan Bancroft Statistik ialah merupakan ilmu dan seni perkembangan dan metode yang paling efektif untuk pengumpulan, pentabulasian serta dan penginter pretasikan data kuantitatif sedemikian rupa, sehingga akan memungkin kesalahan dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan dengan penggunaan penalaran induktif yang didasari pada matematik probailitas (peluang).

Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc.
Menurut Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc Statistik ialah merupakan pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan penganalisisannya, dan juga penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisasan yang dilakukan.

Steel dan Torrie
Menurut Steel dan Torrie, Statistik ialah merupakan metode yang memberikan cara cara untuk menilai ketidaktentuan dari penarikan kesimpulan yang bersifat induktif.

Drs. Djawanto
Menurut Drs. Djawanto,Statistik ialah merupakan kumpulan angka-angkayang berhubungan dengan melukiskan suatu persoalan.

J.Supranto
Menurut J. Suprapto, ada 2 pengertian statistika dalam arti sempit dan dalam arti yang luas.
Dalam arti sempit, Statistik ialah merupakan data ringkasan yang berbentuk (kuantitatif).
Dalam arti luas, Statistik ialah merupakan ilmu yang mempejari cara pengumpulan , penyajian , serta analisa data , dan pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil dari penelitian yang menyeluruh.

Manfaat Statistik

Adapun manfaat dan peran dari statistika, diantaranya:

  • Dalam kehidupan sehari-hari, statistik juga berperan sebagai penyedia bahan atau keterangan dari berbagai hal untuk diolah dan ditafsirkan.
  • Dalam penelitian ilmiah, Statistik juga berperan sebagai penyedia alat untuk mengemukakan maupun menemukan kembali keterangan yang seolah tersembunyi dalam angka.
  • Dalam ilmu pengetahuan, statistik juga berperan sebagai peralatan analisisdan interprasi diri data kuantitatif ilmu pengetahuan sehingga bisa disimpulkan data tersebut.

Fungsi Statistik

Adapun fungsi Statistika antara lain:

Fungsi deskriptif
Fungsi deskriptif statistik ialah merupakan fungsi statistik untuk memahami, mendiskripsikan, menerangkan data, peristiwa, yang dikumpulkan pada suatu penelitian, penyelidikan, dan tidak sampai pada generalisasi atau pengambilan kesimpulan mengenai populasi yang diselidiki.

Fungsi inferensial
Fungsi inferensial statistik ialah merupakan fungsi statistik untuk meramalkan dan mengontrol mengenai keseluruhan atau populasi berdasarkan data atau gejala dan peristiwa yang ada pada suatu penelitian, karena itu bagian ini dimulai dengan adanya ekstimasi, hipotesis.

Tujuan Statistik

Adapun tujuan statistik, antara lain sebagai berikut:

  • Untuk mendeskriptifkan dan menerangkan data tentang populasi yang diselidiki
  • Untuk mengurangi jumlah populasi yang luas pada ukuran yang mudah untuk dipahami
  • Untuk menetapkan pada kondisi bagaimana suatu hipotesis bisa digunakan atau membantu melakukan sesuatu.
  • Untuk menyediakan suatu ekstimasi atau model mengenai nilai yang tidak diketahui berdasarkan data yang diselidiki.
  • Untuk menyediakan suatu ekstimasi mengenai akibat dari suatu hipotesis yang diterima yang akan digunakan sebagai dasar dalam membuat keputusan yang akan dijalankan.

Jenis-Jenis Statistika

Berdasarkan Orientasi Pembahasan

Berdasarkan orientasi pembahasannya, statistika dibagi menjadi 2 antara lain stataistika matematika dan statistika terapan.

Statistika matematika sama halnya dengan statistika teori yaitu lebih mengutamakan dalam pemahaman akan model, penurunan konsep dan rumus-rumus statistika secara matematis-teoritis, seperti halnya pemahaman dan penggunaan uji-t, uji normalitas, analisis regresi, uji homogenitas, galat, dan lain-lain. Sedangkan, Statistika terapan yaitu lebih mengutamakan pada pemahaman konsep dan teknik statistika serta pengunaannya atau penerapannya dalam disiplin ilmu tertentu.

Berdasarkan Fase atau Tujuan Analisisnya

Berdasarkan tujuan analisis, statistika dibedakan menjadi 2 antara lain : Statistika deskriptif dan statistika inferensial. Statistika deskriptif ialah berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan, analisis, penyajian data tanpa pengambilan kesimpulan yang bersifat umum atau generalisasi. Data pada statistika deskriptif disajikan kedalam bentuk tabel, diagram, grafik, lingkaran, polygon, perhitungan mean, median, modus,persentil, desil, perhitungan penyebaran data melalui perhitungan rata-rata dan standar deviasi, perhitungan prosentase. Bisa juga melakukan analisis korelasi, analisis regresi atau juga membandingkan rata-rata namun tidak dilakukan uji signifikansi. Sedangkan, Statistika inferensial memungkinkan untuk dilakukannya pengambilan kesimpulan secara general.

Berdasarkan Asumsi Distribusi Populasi Data Yang Dianalisis


Berdasarkan asumsi tentang distribusi populasi data yang dianalisis, Statistika dibedakan menjadi dua yaitu Statistika parametrik dan Statistika non-parametrik. Statistika parametrik ialah merupakan statistika yang didasarkan model distribusi normal, sedangkan Statistika non-parametrik adalah statistika dengan teknik yang tidak didasarkan pada model distribusi normal atau distribusi bebas.

Berdasarkan Jumlah Variabel Terikat


Berdasarkan jumlah variabel terikatnya, Statistika dibedakan menjadi 2 yaitu : Statistika Univariat dan Statistika Multivariat. Statistika Univariat ialah hanya memiliki satu variabel terikat, sedangkan Statistika Multivariat ialah variabel memiliki lebih dari satu variabel terikat.

0 Response to "Pengertian Statistik dan Manfaat Statistik Paling Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel