-->

Fungsi Dan Unsur Pendukung Seni Tari Paling Lengkap

Fungsi Dan Unsur Pendukung Seni Tari Paling Lengkap


1. Fungsi Seni Tari 

a   Sebagai sarana pelengkap pada upacara, jenis tari ini banyak jenisnya, seperti hal nya tari untuk upacara keagamaan dan juga upacara penting pada keseharian kita.
b.  Sebagai Sarana hiburan, tari sebagai hiburan menggunakan tema-tema yang sederhana dan tidak muluk-muluk, biasanya tari ini diiringin dengan menggunakan lagu yang enak dan mengasyikkan. Kostum dari tata panggungnya dipersiapkan dengan cara menarik.
c.   Sebagai sarana penyaluran, adalah ditujukan untuk penyandang cacat fisik atau cacat mental. Penyalurannya juga dapat dilakukan dengan secara langsung bagi penderita cacat tubuh atau bagi penderita tuna wicara, tuna rungu dan secara tidak langsung bagi para penderita cacat mental.
d.  Sebagai sarana pendidikan, contohnya antara lain mendidik anak untuk bersikap dewasa dan menghindari tingkah laku yang menyimpang. Nilai-nilai keindahan dan keluhuran di dalam seni tari dapat mengasah perasaan sesorang.
e.  Sebagai sarana pergaulan, seni tari ialah kolektif dikarenakan penggarapan tari melibatkan beberapa orang. Oleh sebab itu, kegiatan tari bisa berfungsi sebagai sarana pergaulan.
f.   Sebagai sarana pertunjukkan, seni tari yang dipentaskan lebih menitik beratkan  pada segi artistiknya, koreografi yang bagus, mengandung ide-ide, interpertasi, konsepsional dan memiliki tema serta tujuan. Jenis tari ini dibuat untuk pertunjukkan.
g.  Sebagai saran katarsis, katarsisi yaitu pembersihan jiwa. Seni tari sebagai media katarsis yaitu lebih mudah dilaksanakan oleh orang yang telah mencapai taraf atas dalam penghayatan seni. Oleh sebab itu, biasanya jenis tari ini di laksanakan oleh seniman yang hakiki. Namun, seorang guru pun bisa melakukannnya.

Fungsi Dan Unsur Pendukung Seni Tari Paling Lengkap

2.      Unsur Pendukung Dalam Seni Tari

a.       Tata rias
Tata rias adalah unsur yang tidak bisa dipisahkan untuk penyajian suatu seni tari. Tata rias dan tata busana yang tepat maka bisa memperjelas karakter supaya sesuai dengan tema yang ingin disajikan.
Tata rias berkaitan erat dengan warna, karena warna di alam seni pertunjukan berkaitan dengan karakter tokoh yang dipersonifikasikan ke dalam warna busana yang dikenakan serta riasan warna make up oleh tokoh yang berperan oleh karena itu warna bisa dikatakan juga sebagai simbol dalam seni tari.

b.      Tata busana
Busana atau pakaian dalam tari adalah merupakan sandang perlengkapan atau aksesoris yang dikenakan penari di atas panggung ketika pertunjukan.

c.       Properti
Properti ialah merupakan salah satu unsur pendukung dalam seni tari. Properti yang dibutuhkan dalam ialah meliputi berbagai macam alat dan peralatan yang di sesuaikan dengan tema dan jenis tari yang akan dipertunjukkan.

d.      Setting panggung
Seni tari adalah memiliki berbagai macam jenis panggung yang dijadikan tempat pementasan. Perbedaan jenis panggung ini akrena dipengaruhi oleh tempat dan zaman dimana teater tersebut berada dan juga gaya pementasan yang dilakukan. Bentuk panggung yang berbeda mempunyai prinsip artistik yang berbeda. Untuk memperoleh hasil terbaik, penata panggung diharuskan memahami karakter jeni panggung yang akan digunakan serta bagian-bagian panggung tersebut.

Demikian penjelasan mengenai Fungsi Dan Unsur Pendukung Seni Tari Paling Lengkap, semoga dapat bermanfaat.

0 Response to "Fungsi Dan Unsur Pendukung Seni Tari Paling Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel